Rabu, 09 Mei 2012

Cara Edit Foto Ala Seni Lukis




Zaman memang sudah serba canggih, banyak hal yang bisa dirubah dengan teknologi, apalagi foto. Semua orang bisa mengubah atau istilah lainnya mengedit foto-foto mereka menjadi sebuah karya yang lebih indah. Tapi kita juga bisa edit tanpa komputer lho, hanya saja berbeda 180° (hihihi). Bedanya gini, kalau kita buat di komputer, rasanya gak seseru buatan tangan sendiri (walau di komputer kita pake tangan juga). Walaupun di komputer kita bisa ubah satu foto atau gambar menjadi lebih dari ratusan hasil editan berbeda-beda dalam waktu yang lumayan cepat, akan lebih bermakna jika kita pakai keahlian murni kita sendiri. Kali ini saya akan menjelaskan cara membuat sebuah karya seni lukis dari foto dengan mudah. Hasilnya tidak seperti lukisan para ahli sih, tapi lumayan untuk dicoba, karena tanpa rasa seni karyanya gak bakal jadi. Ah langsung sajalah...
Pertama siapkan alat dan bahannya..
  1. Foto (lebih mudah jika dicetak ukuran kertas HVS atau ukuran lainnya), kita bisa juga menggunakan gambar yang ada di majalah bekas.
  2. Pensil atau pulpen, sediakan juga penghapus.
  3. Pensil warna atau pulpen warna.
  4. Dan beberapa kertas putih. (ukuran sesuai foto).
  5. Disarankan juga selembar kertas karbon untuk menyalin
Berikut carannya..
  1. Foto yang sudah kita siapkan (disini saya menggunakan foto artis korea Nam Kyu-lee) kita garis (gambar) dengan pensil bagian-bagian yang kita suka, tidak harus semua. Saya membuat variasi pada bagian rambut dan pipinya. Lihat gambar di bawah ini.
  2. Selanjutnya, salinlah bagian yang telah kita pilih ke kertas lain dengan ukuran yang sama, di sini kertas karbon sangat penting perannya, hanya saja hati-hati ya jangan samapai kotor. Saya buat empat salinan, karena saya ingin membuat empat variasi.
  3. Kemudian, bagian-bagian itu kita warnai dengan beragam warna sesuka hati kita. Kita bisa mewarnai dengan menggunakan pensil atau pulpen warna. Tehnik yang kita gunakan juga bisa beragam, saya membuat 4 macam. Coba lihat!
Gambar pertama saya hanya mewarnai garis pinggir gambar, hasilnya cukup menarik juga (subjektif).



Gambar kedua, saya menambah variasi garis dan bulatan-bulatan. Kamu bisa mencoba variasi sendiri seperti menambah bentuk hati, bunga dan lain-lain. Bahkan bisa di tempeli koran atau ditulis kalimat-kalimat yang kamu suka.



Gambar berikutnya saya mengunakan teknik blog, walau agak monoton.



Gambar yang terakhir adalah yang paling klasik yaitu hitam putih abu-abu.



Sekian dulu tutorial dari saya, mudahkan?
“SELAMAT MENCOBA!”

Ana Raihan Putri Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

1 komentar:

Mau berkomentar?
Silahkan tapi jagan bikin sakit hati ya...